Senin, 29 November 2010

DEFINISI2 DALAM ILMU HADITS

Beberapa Definisi dalam Ilmu Mushthalah Hadits

Mushthalahul Hadits: ilmu tentang dasar dan kaidah untuk mengetahui keadaan seorang perawi dan yang diriwayatkannya dari segi diterima dan ditolaknya. Objeknya: sanad dan matan dari segi diterima dan ditolaknya. Faidahnya: membedakan antara Hadits-hadits yang shahih dengan Hadits-hadits yang sakit (cacat).

Hadits: sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam baik berupa perkataan atau perbuatan atau taqrir atau sifat.

Khabar: pengertiannya sama dengan Hadits, dengan demikian ia didefinisikan sama seperti Hadits.
Ada juga yang berpendapat bahwa Khabar adalah sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau yang selainnya. Dengan demikian pengertiannya lebih umum dan luas.

Atsar: suatu yang disandarkan kepada sahabat dan tabi’in (generasi setelah sahabat).
Terkadang Atsar dimaksudkan dengan sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (hadits) apabila dalam satu kalimat ia disertakan kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti perkataan: “Dan dalam Atsar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”.

Hadits Qudsi: Hadits yang diriwayatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Rabbnya (Allah Subhaanahu wa Ta’ala). Hadits Qudsi dinamakan juga Hadits Rabbani dan Hadits Ilaahi.

Adakah Hadits Qudsi yang tidak shahih?

Apa itu Sanad?

Apa itu Matan?

Apa itu Musnad?

Apa itu Musnid?

Apa itu Muhaddits?

Jawabannya ada di dalam CD !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar